Perkuat Pengelolaan Jurnal Ilmiah : Tim Jurnal IPDN Baso Kunjungi Rumah Jurnal IAIN Bukittinggi

Bukittinggi: Tim Rumah jurnal IAIN Bukittinggi menerima kunjungan dari Tim IPDN Kampus Baso untuk melaksanakan studi banding ke Rumah Jurnal IAIN Bukittinggi dalam rangka membahas tata kelola jurnal. Kegiatan ini dihadiri oleh 9 (Sembilan) orang, di antaranya 4 (empat) orang dari TIM IPDN, 4 (empat) orang dari rumah jurnal, dan 1 (satu) orang Staf Humas IAIN Bukittinggi. Kegiatan berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Dalam kegiatan ini, materi dipaparkan langsung oleh Ketua Rumah Jurnal IAIN Bukittinggi, Bapak Firdaus Annas, M.Kom, kemudian dilanjutkan dengan diskusi tentang teknis pengelolaan jurnal.

Tujuan Tim IPDN Kampus Baso ke Rumah Jurnal IAIN Bukittinggi adalah untuk mengetahui dan belajar bagaimana dalam manajemen tata kelola pengelolaan jurnal. Dalam kesempatan tersebut baik itu dalam manajemen pengelolaan jurnal, dasar-dasar secara teknis dalam pembuatan jurnal, mulai dari awal, seperti menetapkan nama jurnal, focus and scope, tim editorial board, template, tools dan sebagainya.

Pada kesempatan pertama, ketua rumah jurnal menjelaskan tentang kondisi jurnal di Rumah Jurnal. Dalam kesempatan ini, disebutkan bahwa terdapat 12 jurnal yang saat ini sedang dikelola di rumah jurnal. Di antarannya 7 (tujuh) jurnal terakreditasi sinta sejak tahun 2020, dan 5 (lima) jurnal ber-ISSN di tahun 2021.  Halaman harus diisi dari nomor 1 s.d 101 sesuai standard ARJUNA yaitu sebuah aplikasi untuk pengajuan submit akreditasi jurnal untuk SINTA. Jurnal Ilmiah yang ada di Rumah Jurnal IAIN Bukittinggi diterbitkan dalam 2 (dua) edisi yaitu Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember” Ungkapnya.(FEP)

Add your thoughts

Your email address will not be published. Required fields are marked *